Ayo Siapkan Perjalanan ke Raja Ampat!

Apakah Anda suka menjelajahi tempat-tempat wisata yang memiliki daya pesona wisata yang menakjubkan? Tak lengkap rasanya jika Anda belum berkunjung ke Raja Ampat. Siapa sih yang tak tahu kepulauan yang satu ini? Yaps, banyak sekali para wisatawan yang mengatakan bahwa kepulauan Raja Ampat adalah hidden paradise.

Bagaimana tidak? Keindahan dan keberagaman hayati yang terdapat di kepulauan ini masih asri dan indah. Masih sedikit para pengunjung yang datang ke tempat ini. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda memilih kepulauan Raja Ampat untuk tempat wisata berlibur selanjutnya.

Pergi ke Raja Ampat Menggunakan Transportasi Apa?

Namun, sebelum memulai perjalanannya, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa akses pulang pergi ke Raja Ampat tidaklah banyak. Untuk itu, Anda harus pastikan terlebih dahulu mengenai berapa lama perjalanan untuk mencapai ke kepulauan tersebut.

Well, Raja Ampat sendiri terletak di Papua Barat. Itu artinya, Anda harus menggunakan pesawat terbang ke Sorong. Mengapa harus ke Sorong? Sorong sendiri merupakan salah satu kota di Papua Barat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kepulauan Raja Ampat dan memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang para wisatawan yang datang.

Anda bisa beli tiket pesawat dari Jakarta yang langsung ke Sorong ataupun memilih tiket yang harus transit terlebih dahulu, tak masalah. Pokoknya, Anda harus membeli tiket menuju Sorong terlebih dahulu.

Sesampainya di Sorong, ada dua pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk melanjutkan perjalanan menuju Raja Ampat. Dua pilihan transportasi tersebut berupa:

Transportasi Udara

Setelah tiba di Sorong, Anda bisa memilih transportasi udara untuk perjalanan selanjutnya. Di Sorong, Anda bisa meneruskan penerbangan dengan menggunakan Susi Air yang hanya berkapasitas 14 orang. Penerbangan ini terbang langsung dari Sorong ke Raja Ampat.

Transportasi Laut

Pilihan yang kedua ialah dengan menggunakan alat transportasi laut. Ada banyak pilihan transportasi laut yang bisa dipilih, seperti kapal ASDP, kapal wisata, dan kapal perintis. Jika Anda lebih tertarik untuk melakukan perjalanan laut, yang perlu Anda perhatikan ialah waktu keberangkatannya. Setiap harinya, kapal-kapal tersebut hanya berangkat satu kali yaitu pada pukul 13.00 WIT.

Perjalanan laut ini akan memakan waktu kurang lebih selama 1.5 hingga 2 jam. Kapal tersebut akan kembali lagi ke Sorong pada pukul 11.00 WIT. Untuk membeli tiket kapalnya, Anda bisa membelinya dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Raja Ampat sekitar.

Transportasi Umum di Raja Ampat

Setibanya di Raja Ampat, Anda tidak perlu khawatir mengenai transportasi umum yang bisa digunakan. Anda bisa mengikuti salah satu pilihan tur yang tersedia. Jika Anda tidak ingin mengikuti tur dan sejenisnya, Anda juga bisa menyewa perahu kecil agar bisa leluasa menjelajahi setiap sudut kepulauan Raja Ampat dengan tenang.

Hotel di Raja Ampat

Lalu, Anda harus menginap dimana? Tak perlu khawatir, ada beragam pilihan hotel dan tempat penginapan yang bisa dipilih. Anda hanya perlu memilih salah satu hotel atau tempat penginapan dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Apabila Anda ingin mendapatkan tempat penginapan yang lebih murah, Anda bisa memilih salah satu rumah penduduk yang bersedia menyediakan tempat penginapan untuk Anda. Pastinya, harga yang ditawarkan pun lebih murah.

Itulah hal-hal yang harus dipikirkan matang-matang sebelum pergi berlibur ke Raja Ampat. Dengan begitu, Anda bisa berlibur dengan tenang.

error: Content is protected !!