Pengalaman Ajukan Klaim Garansi untuk TV Samsung

Sepertinya sudah menjadi hal yang wajar ketika sebuah toko elektronik menjanjikan masa garansi demi memberikan kepuasan pelayanan pada pelanggannya. Barang elektronik memang menjadi barang yang rentan mengalami kerusakan sehingga harus mendapatkan layanan tambahan masa garansi demi menjaga reputasi perusahaan. Meski demikian tak semua barang elektronik tercover masa garansi.

Ada beberapa jenis barang elektronik yang tak tercover oleh layanan garansi. Khususnya untuk jenis barang elektronik yang memiliki harga murah atau tak begitu mahal. Layanan garansi sendiri terdiri dari dua macam layanan yaitu garansi resmi dan garansi distributor. Dimana garansi resmi adalah jenis layanan garansi yang diberikan oleh pihak perusahaan pembuat alat elektronik. Sedangkan untuk garansi distributor akan diberikan pada pihak toko yang menjual alat elektronik yang mendapatkan layanan garansi tersebut.

Pelajaran Penting Saat Ajukan Klaim Garansi TV Samsung

Untuk jenis barang elektronik seperti TV Samsung biasanya layanan garansi yang diberikan adalah jenis garansi resmi. Artinya jika Kita melakukan komplain untuk klaim layanan garansi Kita harus mengetahui cara untuk mendapatkannya agar supaya prosesnya mudah dan juga cepat. Berikut ini adalah beberapa proses saat mengajukan klaim garansi khususnya untuk produk TV Samsung.

  • Isi kartu garansi

Hal pertama yang harus Anda pastikan saat membeli produk TV Samsung adalah ketahui jenis layanan garansi sekaligus mengisi dengan lengkap kartu garansi yang ada. Umumnya banyak masyarakat yang menyepelekan langkah ini karena menganggap produk jarang bermasalah di kemudian hari setelah pembelian.

Padahal sudah sewajarnya ketika sebuah produk elektronik mengalami malfungsi setelah sampai ke tangan konsumen. Hal itu bisa terjadi karena terjadi kesalahan saat produksi hingga pada saat produk dikirim ke toko yang menjualnya.

  • Ajukan klaim

Setelah Anda mengetahui apa jenis layanan garansi yang dimiliki oleh produk yang Anda beli. Sebaiknya Anda langsung datang ke layanan yang bertanggung jawab pada garansi produk TV Samsung yang Anda beli tersebut. Jika mendapatkan garansi distributor maka datanglah ke tempat toko dimana Anda beli TV tersebut. Namun jika garansi resmi, maka carilah service center khusus untuk produk brand televisi yang Anda beli.

  • Ikuti prosedurnya

Biasanya dalam pengajuan klaim kerusakan masing-masing layanan service center memiliki layanannya tersendiri. Ada yang bisa melayani dengan cepat namun ada juga yang terkendala sumber daya dan lain sebagainya sehingga layanan terkesan lebih lambat. Untuk itu Anda harus mengikuti prosedur dalam ajukan klaim garansi sesuai dengan aturan yang ada.

Isi form pengajuan klaim garansi yang disediakan oleh service center, beritahukan secara lengkap apa saja yang menjadi keluhan dan produk apa saja yang Anda berikan pada pihak layanan service center. Jikalau memungkinkan buatlah salinan dari form pengajuan klaim yang Anda buat tadi untuk antisipasi hal yang tak diinginkan. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu produk televisi yang Anda beli diperbaiki oleh pihak service center.

Apa Saja Kendala Yang Bisa Terjadi Dalam Layanan Klaim Garansi?

Meski terlihat mudah, namun tak semua orang memiliki pengalaman ajukan klaim garansi dengan mudah dan cepat. Ada beberapa diantara mereka yang mengaku justru dipersulit ketika mereka tak bisa menunjukkan bukti pembelian dan kartu garansi. Padahal pada beberapa layanan service center brand tertentu mereka menerima layanan service produk meski Anda tak bisa menunjukkan nota bukti pembelian. Umumnya hal ini terjadi ketika produk elektronik didapatkan sebagai hadiah dari satu acara atau ajang berhadiah lainnya.

Kemudian kendala lainnya adalah ketika toko atau distributor yang memiliki layanan klaim garansi mempersulit layanan klaim garansi. Biasanya ini terjadi pada toko elektronik yang berlokasi jauh dari kota tempat layanan service center berada. Untuk mengajukan klaim garansi produk biasanya mereka akan menunggu hingga terkumpul beberapa klaim produk baru kemudian membawanya ke layanan service center untuk diperbaiki. Jika hal itu terjadi maka klaim dan service produk akan berlangsung lama hingga berbulan-bulan lamanya.

Akan lebih baik jika ada kesempatan, bawa produk langsung pada service center kota terdekat sambil membawa nota bukti pembelian sekaligus kartu garansi yang sudah diisi dan mendapatkan stempel asli dari toko yang menjual produk tersebut. Demikian beberapa pengalaman ajukan klaim garansi khususnya untuk produk TV Samsung.

error: Content is protected !!