Simak Cara Bayar Pajak Motor Online Dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin tahu cara bayar atau untuk cek pajak kendaraan bermotor secara online dengan mudah bisa perhatikan  informasi di bawah ini. Nah, sekarang Anda dapat mengecek bayar pajak kendaraan bermotor serta membayarnya juga secara online. Oleh sebab itu, tidak perlu antre untuk membayar pajak karena akan dimudahkan dengan adanya aplikasi pembayaran pajak kendaraan bermotor. Kemudian cara pembayarannya juga dipermudah sekali sehingga akan menguntungkan masyarakat.

Oleh sebab itu, untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara bayar atau mengecek pajak kendaraan bermotor secara online harus pahami dahulu caranya dengan baik. Nah, biasanya akan menggunakan aplikasi untuk mengecek dan juga langsung membayar pajak kendaraan bermotor sehingga akan mendapatkan  kemudahan. Disamping itu, proses pembayarannya juga akan jauh lebih mudah dan juga-  lebih cepat. Nah, perhatikan dengan baik cara membayar pajak kendaraan bermotor online dengan mudah di bawah ini.

Perhatikan Cara Baya Pajak Motor Online Dengan Mudah

Cara-cara bayar pajak motor online dengan mudah adalah :

Unduh Aplikasi

Cara membayar atau untuk mengecek pajak kendaraan bermotor online yang mudah adalah pertama harus untuk aplikasinya. Ada aplikasi khusus untuk mengecek dan juga membayar pajak kendaraan bermotor serta gratis aplikasinya. Oleh sebab itu, segeralah untuk mencari aplikasi untuk pembayaran dan pengecekan pajak kendaraan bermotor dari playstore atau app store. Nah, setelah mendapatkan aplikasinya barulah bisa mengecek atau bisa membayar langsung pajak kendaraan Anda.

Pendaftaran

Kemudian sekarang Anda sudah memiliki aplikasi untuk membayar atau untuk cek pajak kendaraan bermotor dan kemudian bukalah. Setelah membuka kemudian Anda bisa mulai dengan mendaftarkan diri dan ada beberapa informasi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, siapkan STNK untuk mengisi beberapa data tentang kendaraan bermotor yang mau dipajak. Kemudian isilah nama dan juga NIK atau nomor polisi yaitu 5 digit angka yang paling terakhir kemudian pilih lanjutkan.

Cek Data Diri

Nah, setelah itu akan muncul informasi data mengenai kendaraan bermotor yang akan dipajak. Oleh sebab itu, harus Anda cek baik-baik informasi datanya seperti nama pemiliknya, jenis kendaraannya, warnanya dan yang lainnya supaya tidak terjadi kesalahan. Setelah itu, kemudian Anda juga akan mendapatkan informasi jumlah pajak yang wajib dibayarkan. Nah, Anda juga bisa sekedar untuk mengeceknya saja atau langsung membayarnya secara online supaya  jauh lebih mudah dan juga menghemat waktu nantinya.

Pembayaran

Setelah mengecek informasi datanya dan benar kemudian akan keluar kode bayar yang akan berlaku selama 2 jam saja. Sehingga jika tidak segera dibayar maka akan hangus dan kemudian Anda dianggap gagal untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara online dan harus mengulangi dari proses awal lagi. Nah, Anda bisa melakukan pembayaran dengan berbagai cara mulai dengan pembayaran melalui e-money, atm atau mbanking atau ke bank sehingga Anda melakukan pembayaran dengan mudah.

Pencetakan STNK

Lalu setelah Anda melakukan pembayaran dan kemudian sudah berhasil maka akan muncul muncul e-TBPKP dan juga e-Pengesahan STNK yang umumnya akan berlaku selama 30 hari setelah pembayaran. Kemudian Anda bisa mengesahkan atau mencetak STNK ke samsat yang terdekat dan tidak perlu antre karena akan menuju ke loket khusus pembayaran online. Oleh sebab itu, akan jauh lebih cepat prosesnya dan tidak harus langsung pada hari itu juga untuk mengesahkan atau untuk mencetaknya.

Nah, itulah tadi penjelasan cara bayar atau untuk cek pajak kendaraan bermotor secara online dengan mudah.

error: Content is protected !!