Teknik Dasar Dalam Pengeditan Foto

Manusia merupakan makhluk yang tidak pernah puas dan hal ini bisa kalian lihat salah satunya dari cara mengapresiasi foto yang dihasilkan. Tidak jarang banyak dari kalian yang menggunakan aplikasi edit foto untuk mempercantik hasil foto yang diambil entah itu dibuat lebih berwarna, dibuat lebih berfokus dan lainnya.

Maksimalkan Hasil Jepretan Dengan Aplikasi Pengeditan

Melihat akan kebutuhan tersebut maka kalian akan semakin mudah menemukan aplikasi edit tersebut baik untuk digunakan pada PC, laptop maupun smartphone. Aplikasi tersebut hadir dengan banyak fitur baik untuk pemula maupun para profesional yang tentunya beragam fitur tadi bisa membantu membuat foto terlihat lebih menarik.

Teknik Dasar Pengeditan Foto

Fitur yang tersedia tadi tentunya akan lebih mudah kalian kuasai jika mengenal dan memahami lima teknik dasar dalam pengeditan foto. Bagi kalian yang belum mengetahui apa saja lima teknik dasar pengeditan foto maka bisa menyimak informasi berikut ini.

  • Cropping

Saat kalian sudah mengambil foto dan memiliki rencana komposisi yang matang tentunya saja hasil foto akan terlihat lebih maksimal jika kalian melakukan cropping atau pemangkasan. Teknik ini sangat berguna bagi kalian ingin memusatkan perhatian orang-orang pada fokus yang ingin kalian tonjolkan. Teknik ini biasa dilakukan jika ada objek yang secara tidak sengaja tertangkap ke dalam frame.

Teknik yang satu ini tentunya akan kalian temukan pada aplikasi edit foto apa pun karena ini termasuk ke dalam teknik dasar. Namun pemangkasan tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan rule of thirds atau aturan sepertiga dalam segi komposisi frame. Singkatnya aturan ini akan menempatkan objek di dalam titik persimpangan pada garis pandu frame.

  • Rotasi

Teknik dasar selanjutnya adalah rotasi yang berguna untuk mengkoreksi perspektif dan juga menghilangkan distraksi yang tidak sengaja tertangkap. Untuk lebih mudah dalam melakukan rotasi sebaiknya gunakan fitur grid. Tidak hanya itu saja jangan lupa beri sentuhan akhir dengan melakukan framing.

Rotasi ini tidak hanya berguna untuk membenarkan posisi. Namun rotasi ini berguna sebagai salah satu alat bantu meningkatkan kreativitas sehingga hasil foto yang dihasilkan akan terlihat tidak biasa dan lebih menarik.

  • Layer penyesuaian dan mask

Untuk kalian yang mengedit menggunakan kecerahan, kontras, saturasi, warna sebaiknya dimaksimalkan dengan layer penyesuaian. Tujuan dari penggunaan layer tadi tentunya agar data yang terdapat pada foto asli tidak akan rusak. Tidak hanya itu saja, jika nantinya kalian tidak merasa senang dengan hasilnya cukup diperbaiki dengan menghapus layernya saja.

Pada layer tadi juga terdapat mask (biasanya ditampilkan dengan boks putih dan berada pada samping layer. Fungsi dari mask ini untuk mengatur tingkat visibility pada layer penyesuaian. Jadi pada intinya teknik ini bisa digunakan untuk melakukan penyesuaian tanpa perlu khawatir merusak foto aslinya.

  • Koreksi warna dan saturation

Teknologi yang diusung oleh kamera digital sudah tidak diragukan lagi kecanggihannya. Akan tetapi karena berbagai macam hal warna yang dihasilkan dari jepretan kamera digital tadi menjadi kurang maksimal atau melenceng.

Kondisi semacam ini memang bisa dibetulkan dengan menggunakan fitur Bernama Auto Color Correction pada aplikasi pengeditan foto. Fitur ini memang cukup membantu namun terkadang hasil yang diinginkan akan sedikit berbeda.

Salah satu alternatif lainnya kalian bisa menggunakan yang Namanya Level (RGB channels). Hue atau saturation dan juga filter foto. Pengkoreksian warna tidak hanya digunakan pada foto yang berwarna saja namun juga bisa berguna untuk menghasilkan foto monokrom.

  • Penajaman

Tahapan paling akhir yang biasa dilakukan pada proses pengeditan foto adalah penajaman atau sharpening. Fungsi dari teknik ini tentu saja sesuai dengan Namanya yang berguna mempertajam tepi foto serta detail-detail kecil lainnya.

Teknik ini nantinya akan menampilkan kontras foto meningkat secara keseluruhan dan tentunya foto yang dihasilkan akan terlihat berbeda. Hasil dari penajaman ini tentunya akan lebih terlihat jika memiliki area yang lebih buram maupun halus.

Jadi itulah beberapa teknik dasar yang bisa kalian terapkan dalam mengoperasikan aplikasi edit foto secara maksimal. Sehingga kalian akan lebih mudah dalam membuat tampilan foto yang terlihat lebih bagus dengan tone warna maupun komposisi foto yang lebih maksimal.

error: Content is protected !!