Tips Membuat Konten Artikel Yang Baik

Konten artikel adalah salah satu bagian dari isi website yang banyak dicari orang. Berbagai macam jenis dan tipe artikel termasuk jasa artikel bisa dengan mudah di temukan di mesin pencarian Google. Seiring dengan kebutuhan konten artikel untuk masuk ke dalam website semakin banyak, penulis pun harus pintar-pintar mencari topic dan ide bahasan yang menarik serta pemilihan gaya bahasa yang tepat.

Untuk membuat sebuah artikel yang baik dan berkualitas, ada beberapa hal yang harus dikuasai oleh para penulis. Tidak hanya mengandalkan berbagai macam informasi saja, namun juga kemampuan untuk menggerakkan hati para pembacanya. Entah itu membuat pembaca menjadi berimajinasi, ataupun mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu.

Ditambah lagi, konten artikel saat ini dibuat tidak hanya untuk menyebarkan informasi kepada para pembacanya saja, namun, artikel juga bisa menghasilkan sejumlah uang lewat adsense yang diterima lewat iklan yang ditonton oleh pengunjungnya. Jadi, wajib adanya untuk membuat artikel yang bagus, menarik, dan mampu menghasilkan uang.

Tips Membuat Konten Artikel

Untuk bisa menghasilkan konten artikel yang bagus dan informatif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para penulis. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Menentukan Topik

Topik adalah salah satu faktor penentu banyak tidaknya pembaca yang tertarik dengan artikel yang dibuat. Topik hampir mirip seperti pembatas bahasan agar isi dari artikel tidak menyebar ke bahasan-bahasan yang tidak penting atau tidak berhubungan satu dengan lainnya.

Dalam sebuah jasa artikel, topik biasanya ditentukan oleh calon pembelinya yang diinginkan. Sehingga, topik yang diminta biasanya disesuaikan dengan tema dari website atau apa yang sedang trending saat itu.

  • Membuat Judul yang Menarik

Hal pertama yang menjadi kesan pertama dari sebuah artikel dilihat dari pemilihan judul yang menarik. Yang perlu diperhatikan, meskipun judul harus dibuat semenarik mungkin, namun judul juga harus mewakili isi dari artikel tersebut.

Saat ini, banyak dari judul artikel yang terkesan melebih-lebihkan isi dan cenderung memuat judul yang hoax atau bohong. Hal tersebut semata-mata hanya ingin menarik perhatian para calon pembacanya. Namun, setelah diulas secara singkat, kebanyakan dari mereka berisi informasi yang tidak berbobot dan tidak sesuai dengan judulnya.

  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Meskipun pada masa sekolah, Guru Bahasa Indonesia sering menganjurkan siswa siswinya untuk menggunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan KBBI, mungkin hal ini kurang tepat jika digunakan ke dalam sebuah artikel di internet.

Kebanyakan dari pembaca sebuah artikel di internet tidak akan membaca artikel secara keseluruhan dan mendetail. Hal ini dikarenakan karena kebanyakan dari mereka hanya menginginkan informasi yang dibutuhkan saja. Oleh karenanya, tidak perlu untuk menggunakan bahasa yang kaku atau terlalu formal. Gunakan bahasa yang mudah dan dipahami serta lugas atau langsung ke intinya.

Jenis Topik Yang Paling Disukai Pembaca

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, topik adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam sebuah artikel. Berikut ini adalah beberapa topik bahasan paling populer yang perlu kamu coba ke dalam artikel:

  1. Lifehack atau trik sederhana untuk keperluan sehari-hari
  2. Review Produk Elektronik paling baru
  3. Tutorial membuat makanan, membuat kerajinan tangan, atau jasa artikel
  4. Review destinasi wisata terbaru dan kekinian
  5. Isu atau kabar kekinian dari dunia hiburan tanah air.
error: Content is protected !!