Tahap Penting dalam Pembuatan Aplikasi

Kita akui bahwa saat ini perkembangan teknologi digital sudah sangat pesat. Banyak hal yang dapat dilakukan hanya dalam satu klik melalui ponsel pintar yang kita gunakan. Saat ini segala aktivitas kita sudah terhubungkan dengan sistem aplikasi yang canggih. Misalnya saja saat kita hendak berbelanja, saat ini kita sudah tidak perlu repot ke pasar atau saat hendak bepergian kita sudah dimudahkan dengan berbagai transportasi online. Perkembangan aplikasi digital tak lepas dari peran mereka-mereka yang telah berhasil menciptakan atau mengembangkan aplikasi tersebut. Bahkan membuat aplikasi kini menjadi profesi tersendiri yakni profesi jasa pembuatan aplikasi android.

Yang mungkin banyak di tanyakan saat kita menggunakan aplikasi-aplikasi canggih adalah apakah dalam proses pembuatan aplikasi tersebut mudah atau sulit? Sebenarnya mudah atau sulit itu relatif, namun satu hal yang pasti dalam pembuatan aplikasi perlu langkah-langkah yang harus dilakukan. Apa saja langkah-langkahnya, simak uraian berikut.

Tahap Perencanaan

Segala hal yang hendak dilakukan alangkah baiknya direncanakan dengan sebaik mungkin. Sama halnya saat hendak membuat sebuah aplikasi, tentu saja harus direncanakan dengan baik. Perencanaan dapat meliputi tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut sampai pada manfaat dari aplikasi yang hendak dibuat.

Tahap Analisis

Setelah melakukan segala perencanaan, tahapan selanjutnya adalah melakukan analisis atau analisa apakah workflow dalam sistem informasi tersebut berjalan dengan lancar atau tidak. Jika workflow belum efisien maka perlu adanya solusi untuk mengatasi hal tersebut. Seseorang yang menawarkan jasa pembuatan aplikasi android pasti sudah sangat terbiasa akan hal tersebut.

Tahap Pembuatan Desain

Tahapan yang ketiga adalah proses pembuatan desain. Desain dalam aplikasi dibuat berdasarkan dua hal yakni desain bisnis dan desain program. Dalam membuat desain program seorang pembuat aplikasi akan mempertimbangkan desain dari bisnis tersebut. Sedangkan desain program itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti:

  1. Database
  2. Screen layout
  3. Diagram pemprosesan
  4. Report atau laporan layout

Keempat desain program tersebut harus selaras dengan desain bisnis yang sudah dibuat atau disusun.

Tahap Pengembangan

Selanjutnya masuk dalam tahap inti yakni tahapan pengembangan yang dilakukan oleh seorang pengembang. Pada tahapan ini pengembang akan mengubah bahasa dalam komputer ke dalam bahasa program dengan sistem algoritma dan logika. Tentu saja butuh keahlian khusus untuk dapat melakukan tahapan ini.

Tahap Testing & Implementasi

Setelah proses pengembangan selesai maka langkah berikutnya yakni melakukan uji coba dan implementasi pada user. User akan diminta untuk menggunakan aplikasi yang telah dibuat untuk kemudian menilai kinerja dari aplikasi tersebut.

Uji coba atau testing harus dilakukan agar nantinya pengembang dapat mengevaluasi kekurangan dari aplikasi tersebut. Sedangkan implementasi bertujuan agar user lebih bisa mengenal aplikasi baru tersebut. Tahapan ini akan sangat menguntungkan pengembang dan juga user.

Tahap Pengoperasian Serta Pemeliharaan

Tahap ini adalah tahapan terakhir yang dapat dilakukan oleh seorang jasa pembuatan aplikasi android. Pada tahap ini aplikasi harus dipastikan dapat dioperasikan dengan baik. Pemeliharaan aplikasi seperti pembaharuan fitur juga harus mulai diperhatikan agar aplikasi selalu berjalan dengan baik.

Pembuat aplikasi pasti akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk user dari aplikasi yang mereka kembangkan. Hal tersebut dikarenakan jika tidak ada inovasi maka sudah pasti akan tergeser dengan aplikasi sejenis yang memiliki fitur lebih baik.

Bagaimana, sekarang sudah tahu bukan langkah apa saja yang diperlukan untuk membuat aplikasi. Jika kamu hendak mengembangkan aplikasi, jangan lupakan langkah-langkah diatas ya.

error: Content is protected !!