7 Cara Mudah Mengenali iPhone Asli dan Palsu

Peredaran smartphone hardcopy atau palsu semakin yang dijual secara bebas di pasaran menjadi kekhawatiran banyak orang. Sebab smartphone palsu yang dijual bebas di pasaran kebanyakan meniru brand-brand terkenal, contohnya iPhone. Untuk itu Anda harus mengetahui cara cek iPhone asli atau palsu dengan mudah melalui beberapa cara termasuk lewat kode iPhone supaya tidak tertipu oleh pedagang yang menjual smartphone palsu.

Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya iPhone palsu yang beredar di pasaran, sebab untuk membedakan iPhone asli dan palsu cukup mudah dan bisa Anda coba sendiri. Hal ini dikarenakan iPhone punya beberapa fitur untuk yang menjadi pembeda dari smartphone lainnya yang sulit untuk di-copy oleh pembuat smartphone palsu. Cara yang akan dijelaskan pada pembahasan kali ini bisa mendeteksi banyak seri iPhone seperti iPhone 6s, iPhone 7, sampai yang terbaru iPhone 13.

Cara Mudah Cek iPhone Asli dan Palsu

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat membeli iPhone baru untuk memastikan apakah iPhone yang Anda beli produk asli atau palsu:

  1. Cek Status Garansi dana Jangkauan Jaringan melalui Website Resmi Apple

Cara pertama adalah dengan melihat dari status garansi serta jangkauan jaringan yang informasinya bisa Anda ketahui melalui website resmi Apple. Anda hanya perlu membuat situs melalui browser ponsel atau komputer. Setelah itu masukan serial number iPhone yang baru Anda beli dan semua detail informasi tentang iPhone Anda akan keluar di website jika produk asli dan terdapat kode iPhone juga.

  1. Periksa OS (iOS)

Salah satu hal yang menjadi pembeda dan bisa jadi acuan mengecek keaslian smartphone iPhone ini adalah dengan memperhatikan OS yang digunakan. Produk Apple terutama iPhone menggunakan OS khusus buatan sendiri yang dikenal dengan OS iOS. Anda bisa cek OS melalui pengaturan ponsel dan pastikan iPhone yang Anda beli menggunakan iOS asli, bukan iOS palsu yang sebenarnya OS Android.

  1. Cek Keyboard

Salah satu pembeda antara iPhone asli dan iPhone palsu bisa dideteksi dengan mudah melalui keyboard. IPhone asli atau original menggunakan tulisan ‘space’ atau ‘spasi’ di bar spasinya. Ada juga emoji yang terletak di bagian kiri bar spasi. Sedangkan pada iPhone palsu, tidak ada tulisan ‘space’ pada bar spasi dan juga tidak ada bar emoji yang diganti dengan tombol koma.

  1. Cek Memori Internal

Cara yang satu ini menjadi salah satu cara termudah untuk mendeteksi keaslian dari iPhone. Di iPhone asli atau original, tidak ada slot untuk menambah memory card. Sedangkan pada iPhone palsu biasanya di sediakan tambahan slot memory card karena kapasitas memori internal yang kecil.

  1. Menyalakan Siri

Cara mudah mengecek iPhone asli atau palsu bisa dengan cek fitur khas dari iPhone yaitu Aplikasi Siri. Pastikan iPhone yang Anda beli memiliki Aplikasi Siri dan coba untuk menjalankan aplikasi tersebut, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak. apabila aplikasi tidak berfungsi, besar kemungkinan iPhone tersebut bukan produk asli atau original.

  1. Cek iTunes dan Apple Store

IPhone asli mengharuskan Anda download aplikasi langsung dari App Sore dan juga mendengarkan lagu menggunakan aplikasi iTunes. Apabila App Store dan aplikasi iTunes tidak bisa berfungsi, maka dapat dipastikan iPhone tersebut palsu. Khususnya untuk App Store apabila tampilannya sama seperti Play Store di Android, berarti iPhone tersebut palsu dan merupakan produk hardcopy.

  1. Mengecek Kode Dari iPhone

Lalu cara berikutnya dengan kode iPhone dan fungsinya untuk mengidentifikasi asal negara smartphonenya di buat. Untuk iPhone dari Indonesia memiliki kode ID lalu untuk kode negara Singapura adalah ZP sedangkan Jepang yaitu J/JP. Jadi kalau membeli iPhone terutama second dan seller mengatakan iPhonenya dari Indonesia tetapi saat dicek kodenya J berarti iPhonenya merupakan second dari luar negeri.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa cara cek iPhone asli melalui beberapa metode termasuk dengan cek kode iPhone yang harus Anda pahami agar tidak tertipu saat membeli iPhone baru. Selain memahami cara tadi, hal yang paling penting supaya kamu tidak tertipu dan tidak sampai membeli iPhone hardcopy adalah selalu membeli produk iPhone di Official Store Apple yang terjamin aman dan original.

error: Content is protected !!