Tips Aman Berkendara Perjalanan Jauh

Terkadang orang itu akan menempuh perjalanan jauh untuk bisa mencapai tempat wisata terbaru atau tempat wisata yang menjadi tujuan liburannya. Salah satu cara yang biasa dipilih adalah dengan menyetir sendiri ke lokasi wisata tersebut yang mungkin perjalanannya jauh. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kecelakaan yang terjadi karena orang yang berkendara jarak jauh dan tidak mempersiapkan diri. Karena itulah pada kesempatan ini kami akan berikan beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda tetap aman meski berkendara jarak jauh.

Tubuh Dalam Keadaan Prima

Tips yang paling pertama adalah kondisi tubuh kita, pastikan tubuh kita itu dalam keadaan yang prima dan tidak dalam keadaan sakit. Sakit seperti flu atau mungkin demam itu mungkin akan sangat mengganggu konsentrasi kita pada saat berkendara loh. Banyak sekali orang yang sebenarnya tidak fit namun nekat berkendara, dan akhirnya tidak bisa fokus pada saat mengendarai kendaraan tersebut. Apabila memang akan menempuh jarak jauh sebaiknya pastikan dulu kalau dalam keadaan prima dan juga sehat.

Cukup Waktu Tidur Sebelum Berkendara

Tips yang kedua adalah persiapan sebelum menempuh jarak jauh, salah satunya adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Ini adalah hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan agar supaya kita tidak sampai mengantuk pada saat berkendara. Mengantuk pada saat berkendara itu adalah hal yang sangat fatal yang mungkin akan bisa menyebabkan kecelakaan. Sehingga sebaiknya sih mempersiapkan diri dengan tidur yang cukup sebelum Anda berkendara dalam jarak yang jauh ke tempat wisata terbaru.

Perbanyak Meminum Air Mineral

Tips yang ketiga adalah meminum air mineral, ini adalah hal yang sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Duduk terlalu lama dan kondisi fokus yang terus dijaga saat berkendara akan menyebabkan cairan tubuh akan lebih cepat berkurang. Dan karena itulah kita harus sering meminum air bening, air putih atau air mineral bila berkendara jarak jauh. Karena kalau sampai dehidrasi pun akan bisa jadi sangat berbahaya dan menyebabkan kita kehilangan fokus.

Mengajak Teman

Tips yang keempat adalah sebaiknya mengajak teman apabila bepergian jauh, ini adalah hal yang sebenarnya penting tapi sering disepelekan. Apabila kita menyetir dalam keadaan sepi dan sendirian, akan sangat besar kemungkinan kita akan mengantuk. Dan dengan mengajak teman tentunya kita akan bisa mendapatkan perhatian lain selain menyetir seperti teman mengobrol. Sehingga kemungkinan untuk mengantuk pun akan sangat kecil, dan kalau memang berlibur ke tempat wisata terbaru tentunya akan mengajak teman.

Hindari Perjalanan Malam Hari

Tips yang kelima adalah dengan menghindari perjalanan malam hari, ini adalah salah satu tips supaya tidak mudah lelah dan tetap aman. Pertama karena kalau malam hari itu mata kita akan lebih cepat lelah, karena gelap dan juga sorotan dari lampu mobil. Selain itu juga ada kemungkinan orang-orang jahat yang mungkin akan menghadang kalau kita menjalani perjalanan pada malam hari. Mungkin memang perjalanan bisa lega, akan tetapi bila ingin aman sebaiknya hindari perjalanan malam hari.

Jangan Paksakan Kalau Mengantuk

Tips yang terakhir adalah satu hal yakni kesadaran kalau mengantuk, kalau memang mengantuk jangan dipaksakan. Keinginan untuk cepat sampai sering menjadi penghalang kesadaran kalau kita mengantuk, dan saran kami kalau mengantuk istirahat saja. Lebih baik terlambat menuju tempat wisata terbaru daripada celaka karena kita mengantuk.

error: Content is protected !!